Tuesday, 28 April 2009

Tips Memelihara Tokek


Tokek,

Akhir akhir ini dunia bisnis di ramaikan dengan maraknya jual beli binatang Tokek, hampir di seluruh pelosok negeri ini ramai membicaraka tingginya harga satu ekor tokek, saya pernah mendengar kalau satu ekor tokek dengan bobot 5 Ons bisa di hargai hingga 250 juta, harga yang cukup fantastis memang, dan siapa sangka binatang yang unik dan menarik ini sanggup mengalahkan harga satu buah mobil mewah...
Buat teman teman yang kebetulan lagiu di landa demam tokek, berikut saya coba sampaikan sedikit aturan dan pewraturan bagaimana memelihara Tokek yang saya ambil dari sebuah Blog teman, semoga bisa membuat sukses bisnis Tokek anda...


1 Tokek Merupakan Binatang yang tahan lapar, serta tahan cuaca.
Jadi kalo tokek gak diberi makan selama 1 minggu ato 2 minggu, itu gak masalah. Atopun dicuaca panas ato dingin itu juga gak masalah.

2. Tokek Merupakan hewan kanibal
Jadi jika dia kumpul jadi 1 kandang, dan merasa lapar,dia bersifat kanibal.
Dia mempunyai pedoman siapa yang kuat dia yang menang, jadi ada hukum rimba di sini. Jadi saran saya 1 kandang 1 tokek. Supaya tidak ada persaingan makanan.

3. Tokek Gampang Stress
Dan Karena tokek yang gampang stres, maka sekali diletakan dikandang, jangan dipindah pindah lagi baik tokek maupun kandangnya. Tujuannya supaya tokek tidak stres, akibatnya dia akan gak doyan makan. Sebenarya tokek mati, rata rata mengalami stres. Soalnya ketika saya pertama kali banyak yang mati.

4. Peletakan kandang di tempat yang sesuai.
Tempatnya usahakan di luar, kalo bisa dibawah pohon. Tujuanya supaya tetap merasa di alam.

5. Adaptasi tokek dari ditangkap dan masuk kandang.
Biasanya tokek tidak mau makan selama 2 minggu ato bahkan lebih. Tapi jika kandang dibuat dari kayu, adaptasi akan menjadi lebih cepat. Jadi saya sarankan buat kandang dari kayu.

6. Tujuan memisahkan per kandang.
Yaitu supaya tokek tidak bertelur ato berkembang biak. Karena tujuan utama saya yaitu membesarkan bukan membudidayakan.

7. Untuk ukuran kandang bebas.
Syaratnya harus dari kayu, dan agak gelap. Madsutnya gelap semua tertutup kecuali pintu mengunakan kawat streamin. Dan usahakan max 2 ekor tokek dalam 1 kandang. Kalo ditempat saya menggunakan bekas lemari baju dari kayu, saya modif dengan pintu menggunakan kawat streamin.

8. Untuk makanan.
Serangga adalah makanan tokek. Ini akan merangsang tokek menjadi lebih besar. Dalam hal ini bisa menggunakan jangkrik/Kroto sebagai makanan tokek.Untuk peningkatan beberapa ons itu tergantung banyak faktor, usahakan jangan sampai tokek merasa stress itu aja. buat kandang senyaman mungkin.

9. Cara memegang.
Tokek memang agak menakutkan. biasanya memegang posisi dari belakang, dan sasaran kepalanya, jangan ekornya, karena dia akan melepaskan ekornya kalo dipegang, kayak cicak.
caranya kalo kegigit, siram mulutnya dengan air hangat ato, alihkan gigitanya dengan benda agak lunak misal kain.

Sumaber: http://suryahawk.blogspot.com/2009/02/berternak-tokek.html

8 comments:

KEPODANG 15 June 2009 at 10:15  

apakah tokek perlu minum? aku punya bbrp ekor dimana tempat penjualannya?

heru_ 21 July 2009 at 16:45  

Mas.. makanan yang bisa bikin tokek cepat besar tuch apa...?

Penghemat listrik 16 September 2009 at 09:13  

Nama: Ichsan
email: Ichsan_metco@yahoo.com
Judul iklan: beli tokek harga tinggi
Keterangan: beli tokek anda dengan harga tinggi. ada yang 6 ons, kami hargai 1, 2M/ekor. 5 ons up = 1M/ekor 4 ons =550 juta dibawah 4 ons minimal 3,5 ons Rp.80-100jt . hub Ichsan_metco@yahoo.com atau call Ichsan Hp 081319518787, flexy 02132939773 tidak terima sms

dewan 23 September 2009 at 20:49  

saya mempunyai tokek sudah 2 minggu tp tokek trsbut msh blm mau makan.
Apa yg msti lakukan smentara sumua tips udh saya lakukan.
Trims

tekek 28 February 2010 at 09:59  

sy pembeli tokek termahal terbaik di indonesia kualitas harga nomor 1 hp 081357005702

xperia 26 March 2010 at 21:30  

Bos,gimana caranya bawa tokek dgn kendaraan agar tidak stress shg ga mati sesampainya ditempat?soalnya saya pernah pengalaman kaya gitu dan tokeknya mati.terimakasih

xperia 26 March 2010 at 21:31  
This comment has been removed by the author.
raghil 25 September 2010 at 15:47  

bagus artkel nya kebeneran aku juga punya tokek di rumah..tokek pohon ma tokek rumahan.ikut copas ya gan....

Share it

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP