http://www.emailcashpro.com

Thursday 2 December 2010

uang jajan untuk anak???

SI kecil semakin besar dan semakin ingin tahu. Mulai dari hal bersosialisasi dan belajar, ia tampak begitu memusatkan perhatiannya. Mungkin sekarang saatnya bagi Anda membantu ia dengan mengajarkannya mengenai uang saku.

Seperti yang dilansir dari buku “Panduan Kesehatan Keluarga” oleh Dr Miriam Stoppard bagaimana pengaturan uang tidak timbul secara alami, melainkan harus dipelajari. Karena kita biasanya memiliki uang yang lebih sedikit daripada kebutuhan. Maka kesempatan untuk mengolah uang saku akan membantu anak bagaimana mengatur uangnya kelak.

Untuk anak di usia di bawah 6 tahun, berikan sejumlah kecil uang untuk dibelanjakan saat Anda pergi berbelanja bersama. Jika ia sudah terbiasa, maka ia akan menyadari bahwa ia dapat memilih antara membeli permen atau komik.

Jika Anda memutuskan untuk memberinya secara mingguan, tanyakan orangtua teman anak besaran rata-rata agar anak memiliki besar yang sama dengan temannya.
Pada usia sekitar 7 tahun, duduk bersama anak dan buatlah semacam neraca anggaran agar ia paham berapa banyak yang ia butuhkan dan akan digunakan untuk apa saja.
Dorong anak untuk menabung di celengannya setiap minggu untuk keperluan ekstra atau uang liburannya.

Jika anggota keluarga datang memberikan sejumlah uang, jika terlalu besar maka ingatkan untuk membelanjakan hanya sebagian dan menyimpan sisanya dengan membukakan rekening atas namanya.

Kebanyakan anak senang mendapat uang tambahan karena sudah membantu di rumah. Ini tidak berarti mereka harus dibayar setiap melakukan pekerjaan. Tapi jika memang ia melakukan pekerjaan yang cukup berat, semisal membersihkan ruangan dan mencuci mobil, tak ada salahnya memberikan mereka sedikit bayaran atau sesuatu yang mereka inginkan.

sumber : okezone

0 comments:



  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP